LAMPIRAN 1
CONTOH MODEL SILABUS (setelah diadaptasi dengan mengintegrasikan pendidikan karakter)
Sekolah : SMP ............
Kelas :
VII (tujuh)
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester :
1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.1.
Mendeskripsikan
keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap
kehidupan.
|
Bentuk-bentuk muka bumi.
|
Mengamati gambar
bentukan-bentukan di muka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi secara berkelompok 1)*.
|
Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan.
|
Sebutkan jenis-jenis bentuk muka bumi daratan!
|
12 JP
|
Peta
Atlas
Globe
Gambar proses terjadinya
diastropisme
Gambar tipe gunung api
LKS
CD
Buku sumber yang relevan
|
Kerjasama
|
Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen
|
Mengamati gambar tentang
gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme.
|
Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi kepada teman-temanya
di dalam kelompoknya 2)*.
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Jelaskan
kepada teman-teman dalam kelompokmu apa yang dimaksud tenaga
geologi dan berikan contohnya 2)*
|
Rasa percaya diri
|
|||
Gejala diastropisme dan vulkanisme
|
Mengamati peta sebaran tipe
gunung api di Indonesia.
|
Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe
gunung api.
|
Tes tulis
|
Pilihan Ganda
|
Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia
yaitu ….
a.
maar
b.
perisai
c.
starto
d.
kaldera
|
|
|||
Gempabumi
|
Mengkaji faktor-faktor
penyebab terjadinya gempa bumi.
|
Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat
yang ditimbulkannya.
|
Penugas-an
|
Tugas rumah
|
Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2!
|
Peduli sesama, bekerjasama, suka menolong,
dermawan
|
|||
Mengumpulkan
bantuan yang dapat diberikan kepada korban gempa 3)*
|
Peduli
kepada korban gempa bumi 3)*.
|
Penugas-an 3)*
|
Tugas rumah 3)*
|
Kumpulkan
bantuan apa saja yang dapat kalian berikan dari lingkungan sekitar kalian
untuk korban gempa di … 3)*
|
|||||
Pelapukan
|
Mengamati gambar dan lingkungan
sekitar tentang proses pelapukan.
|
Mendeskripsikan proses pelapukan
|
Tes tulis
|
Tes Uraian
|
Jelaskan proses pelapukan
biologis!
|
|
|||
Erosi
|
Mengamati obyek dan gambar tentang erosi.
|
Mendeskripsikan proses erosi, dan
faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Erosi yang disebabkan
gelombang air laut yang mengikis pantai disebut ....
a.
abrasi
b.
deflasi
c.
glasial
d.
korasi
|
|
|||
Sedimentasi
|
Menelaah contoh kenampakan
hasil proses sedimentasi
|
Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
|
Tertulis
|
Tes Uraian
|
Berilah 2 contoh bentang
alam hasil sedimentasi oleh air!
|
|
|||
Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen
dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.
|
Membaca buku sumber tentang
dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta
upaya penanggulangannya.
|
Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan
eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.
|
Tertulis
|
Tes Uraian
|
Jelaskan 3 manfaat material
vulkanik gunung api !
|
Kerjasama, tanggung jawab, antisipatif
|
|||
Merancang langkah-langkah untuk mengurangi dampak
negatif tenaga endogen secara berkelompok.
|
|
Penugasan
|
Pekerjaan Rumah
|
Rancanglah langkah-langkah untuk mengurangi
dampak negatif tenaga endogen secara berkelompok.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar