Senin, 21 Januari 2013

BAHAN AJAR MATERI PETA


BAB I  
PETA , ATLAS , DAN GLOBE

Standar Kompetensi
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya

Kompetensi Dasar
4.1.Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapatkan informasi keruangan
4.2.Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi
4.3.Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk

Setelah membaca dan mempelajari materi ini, siswa diharapkan :
·    Membedakan peta, atlas, dan globe.
·    Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.
·    Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.
·    Mengartikan berbagai skala.
·    Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat (garis grid)
·    Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi.
·    Menentukan simbol-simbol geografi pada peta.
·    Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta.
·    Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah.
·    Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk.

A.   Karakteristik Peta, Atlas, dan Globe
1.     Peta
P
ernahkah kalian mengunjungi suatu tempat atau berwisata ke suatu tempat yang belum pernah kalian kunjungi sebelumnya ? Selain membawa perbekalan uang saku , apa yang perlu kalian bawa? Ya, Peta  tepat  sekali jawaban kalian. Karena peta dapat menyajikan informasi keruangan yang kita butuhkan. Kalianpun dapat memanfaatkan peta untuk menyuguhkan informasi-informasi keruangan seperti persebaran tambang, kependudukan dan lainnya.  Peta adalah gambar konvensional muka bumi yang diperkecil dengan menggunakan skalamtertentu dan dituangkan pada bidang datar. Untuk menggambar peta tentunya ada kaidah-kaidah Kartografi ( ilmu yang mempelajari perpetaan ). Adapun kaidah kartografi antara lain :
a.      Syarat peta yang baik secara umum sebagai berikut:
Ø Conform, sama bentuk yaitu peta yang digambar harus sesuai dengan bentuk sebenarnya di muka bumi.
Ø Equidistance, sama jarak yaitu objek pada peta harus sama jaraknya di muka bumi.
Ø Equivalent, sama bidang / luas daerah yang digambar sama luasnya dengan sebenarnya.
Dalam membuat peta tentu ada penyimpangan-penyimpangan (distorsi) seperti penggambaran daerah kutub pada peta dunia terjadi  penyimpangan  jarak dan luas, tetapi penyimpangan tersebut diusahakan sekecil mungkin. Selain syarat diatas karena peta disajikan untuk umun, maka dalam membuat peta juga harus memperhatikan rapi, keindahan, dan menarik.
b.     Unsur – unsur yang harus dicantumkan pada peta :
1)     Judul Peta.
Peta harus diberi judul untuk mempermudah pengguna peta, karena dari judul kita dapat mengeatahui informasi yang disajikan pada peta. Penempatan judul umumnya di bagian atas gambar peta dan ditulis dengan huruf kapital berukuran lebih besar dari tulisan lainnya. Agar dapat terlihat dari jauh penulisan sebaiknya menggunakan huruf Roman atau Gotik
2)     Orientasi .
Petunjuk arah pada peta pada umumnya dibuat dengan anak panah mengarah ke atas yang menunjukkan arah utara dan dapat divariasi arah mata angin lainnya.
3)     Simbol Peta.
Simbol digunakan pada peta untuk mewakili kemampakan alam dan kenampakan budaya yang ada di muka bumi. Kemampakan yang digambar pada peta tidaklah keseluruhan muka bumi tetapi hasil pemilihan. Tentunya sesuai tema yang akan disajikan.
Macam-macam simbol peta, dilihat dari bentuknya , ada simbol yang berbentuk titik, garis dan area. Sedangkan dilihat dari ujudnya ada simbol piktografi (gambar), geometri dan  huruf/angka. Selain itu juga dapat ditampilkan dengan warna. 
Gambar 1. Berbagai simbol peta
4)     Legenda Peta.
Legenda peta merupakan informasi tepi, berisi keterangan dari simbol-simbol yang ada di peta. Peletakan legenda disesuaikan dengan gambar peta dan berada diluar gambar peta sehingga menganggu tampilan peta.
5)     Garis Astronomis.   
Garis astronomi (grid) adalah garis khayal yang ada pada peta untuk mempermudah mencari objek pada peta. Garis astronomi terdiri dari garis bujur (meridian) dan garis lintang (parallel). Garis astronomi hanya ada di peta .
6)     Skala Peta.
Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya dimuka bumi. Ada bermacam-macam jenis skala antara lain :
6.1)      Skala angka (Numeric), adalah skala yang perbandinganya ditulis dengan menggunakan angka, misalnya  skala 1 : 5.000.000 artinya setiap jarak          1 cm di peta sama dengan jarak 5.000.000 cm atau 50 km di muka bumi atau jarak sebenarnya.
6.2)      Skala huruf  (Verbal) , adalah skala yang perbandingannya menggunakan kata-kata, misalnya 1 cm mewakili 0,5 km. artinya 1 cm di peta sama dengan jarak sebenarnya dimuka bumi 0,5 km, bila kita akan mengubahnya menjadi skala angka maka satuan disamakan terlebih dahulu 0,5 km menjadi 50.000 cm, jadi hasilnya skalanya menjadi            1 : 50.000.
6.3)      Skala garis (grafis/Linear) adalah skala yang perbandingannya digambarkan dengan menggunakan garis.

7)     Nama Tempat ( lettering )
lettering adalah bentuk tulisan pada peta yang berupa pemberian nama tempat pada objek-objek di peta. Objek pada peta yang berupa daratan ditulis tegak sedang yang berupa perairan ditulis miring ( italic ).
8)     Garis Tepi dan Garis Border.
Pada peta dibatasi dengan garis, garis yang terdiri dari dua garis. Garis yang letaknya didalam tempat meletakkan angka derajat lintang dan bujur disebut garis border. Sedangkan garis yang di luar biasanya lebih tebal kita sebut garis tepi peta.
9)     Inset Peta.
Inset merupakan peta yang berukuran kecil dari peta utama. Inset berguna untuk menunjukkan lokasi daerah yang digambarkan dengan daerah sekitarnya agar lebih detail. Dapat juga inset untuk menggambar sambungan peta untuk daerah kecil yang tidak tergambar di peta. Misal pulau Bawean yang termasuk dari wilayah propinsi Jawa Timur. 
10) Sumber dan Tahun Pembuatan Peta.
Mengapa tahun pembuatan peta perlu dicantumkan? Hal ini karena agar si pengguna peta dapat mengetahui apakah informasinya masih relevan atau sudah usang.  Atau dengan kata lain untuk menunjukkan tingkat kevalidan data pada peta.
c.      Bentuk-bentuk peta
1)     Peta Datar.
Peta datar adalah peta yang dituangkan pada bidang datar seperti kertas, kain atau triplek. Digambar dengan dua dimensi, menggunakan pewarnaan bisa juga shadow (sistem bayangan) untuk menggambarkan ketinggian tempat.
2)     Peta Timbul
Peta timbul adalah peta yang dibuat sesuai bentuk yang ada di muka bumi. Tinggi rendah muka bumi dibuat dengan menggunakan skala tinggi. Digambar secara tiga dimensi.
3)     Peta Digital 
Peta yang dibuat dengan alat bantu komputer. Peta ini dapat ditayangkan dengan media elektronik.
  
Gambar 2. Peta Datar, Peta Timbul dan Peta Digital

d.     Berdasarkan skalanya peta dapat dibedakan sebagai berikut :
1)     Peta Kadaster, yaitu peta yang mempunyai skala 1 : 10.000  sampai                        1 : 5.000.000. Peta ini biasanya berupa peta teknik, seperti peta tanah, peta telkom dan sebagainya        
2)     Peta skala besar, yaitu peta yang mempunyai skala 1 : 5.000.000  sampai dengan   1 : 2500.000000. Peta ini untuk menggambarkan wilayah yang agak sempit seperti Kelurahan dan kecamatan.
3)     Peta skala menengah adalah peta yang mempunyai skala  1 : 2.500.000.000 sampai 1 : 50.000.000.000.  Peta ini digunakan untuk menggambarkan daerah yang agak luas misalnya propinsi.
4)     Peta kecil adalah yang mempunyai skala  1 : 50.000.000.000  sampai                       1 : 1.000.000.000.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan daerah yang relatif luas. Seperti pulau, negara.
5)     Peta geografi atau peta topografi adalah peta yang menggunakan skala lebih dari    1 : 1.000.000.000.000. misalnya peta benua dan peta dunia.
e.      Berdasarkan isinya, peta dapat dibedakan sebagai berikut :
1)     Peta Umum
Peta umum adalah peta yang menggambarkan seluruh kenampakan di muka  bumi, baik yang berupa kenampakan alam maupun budaya. Kenampakan alam seperti sungai ,danau, gunung. Kenampakan budaya seperti jalan raya, sekolah pemukiman. Peta umum misalnya peta Indonesia, peta Dunia , dan lain-lain.
2)     Peta Khusus ( tematik )
Peta yang hanya memuat informasi tertentu. Dalam pembuatan peta ini tidak semua kenampakan muka bumi ditampilkan. Yang digambar hanya peta dasar dan kenampakan yang penting saja sesuai dengan tema. Contoh peta khusus antara lain peta kepadatan penduduk, peta curah hujan, peta persebaran barang tambang dan lain-lain.
f.      Cara memperbesar atau memperkecil peta antara lain :
1)     Dengan menggunakan alat Pantograf. Alat ini sudah ada skala untuk memperbesar atau memperkecil.
2)     Dengan cara Grid yaitu membuat kotak-kotak pada peta yang akan diperbesar/ diperkecil,  satu kotak 1 cm. Sedangkan pada keras yang akan digunakan untuk  perbesaran dibuat kotak-kotak, kalau kita akan memperbesar 3 kali maka tiap kotak dibuat 3 cm. tentunya skala peta-pun berubah. Misalnya skala peta asal                    1 : 50.000.000.000  maka setelah diperbesar menjadi 1 : 50.000.000.000. Begitu pula jika kita memperkecil peta dengan cara sebaliknya.
“ Coba kalian ambil atlas , carilah peta untuk kalian perbesar  2 kali perbesaran dan  ubah skala petanya”.
g.     Manfaat Peta
Secara umum, peta dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti di bawah ini :
1)     Penunjuk Arah, Letak, Luas, Jarak, dan Bentuk Permukaan Bumi Informasi arah dapat kamu peroleh dengan menggunakan komponen penunjuk arah. Lihatlah komponen peta yang lain! Dengan menggunakan skala, kamu dapat mengetahui jarak antardua tempat dan menghitung luas suatu wilayah.
2)     Alat Informasi Peta mengandung banyak informasi. Informasi itu ditampilkan dalam bentuk simbol-simbol. Berbagai macam informasi dapat kamu baca berdasarkan simbol-simbol dan keterangannya pada peta.
3)     Alat Pembelajaran Kamu dapat belajar mengenai wilayah-wilayah yang ada di permukaan Bumi dengan menggunakan peta. Peta merupakan salah satu alat pembelajaran. Peta digunakan dalam beberapa mata pelajaran, seperti geografi dan sejarah.
2.     Atlas
a.    Pengertian dan Fungsi Atlas
Atlas merupakan kumpulan peta yang dibukukan. Nama Atlas diambil dari nama Dewa Yunani, yaitu dewa yang mengangkat bumi di pundaknya. Pada umumnya penyusunan peta-peta di dalam atlas diatur berdasarkan kawasan benua, wilayah suatu negara. Hal ini bermaksud untuk memudahkan pengguna atlas mencari informasi. Atlas berfungsi sebagai sumber data. Data yang dapat diperoleh dari atlas antar lain ; data kependudukan, jalur transportasi, daerah wisata, dan lainnya.
b.    Jenis-jenis Atlas
Adapun jenis atlas dapat dibedakan menurut cakupan wilayahnya dan tujuan penggunaannya.
1)   Berdasarkan cakupan wilayahnya atlas dibedakan atas :
1.1)       Atlas Nasional ialah atlas yang isinya lembaran-lembaran peta wilayah dalam satu negara. Misalnya atlas Indonesia, di dalamnya hanya berisi peta-peta propinsi Indonesia.
1.2)       Atlas Regional adalah atlas yang berisikan lembaran-lembaran peta negara yang ada di satu kawasan, misalnya atlas Asean, berisi peta-peta negara yang ada di Asia Tenggara.
1.3)       Atlas Dunia adalah atlas yang memuat peta-peta negara, kawasan, dan benua yang ada di dunia.
1.4)       Atlas Semesta adalah atlas yang berisikan peta-peta dunia dan juga peata jagad raya, misalnya peta langit utara, peta langit selatan yang menggambarkan posisi bintang-bintang di jagad raya.
2)   Berdasarkan tujuan dan isinya atlas dibedakan menjadi :
2.1)       Atlas Referensi, adalah atlas yang digunakan untuk mengetahui kenampakan geografi dan atau batas negara. Atlas ini biasanya dimilki oleh instansi-instansi tertentu misalnya milik TNI atau atlas sumberdaya alam yang merupakan rahasia negara.
2.2)       Atlas Pendidikan , adalah atlas yang digunakan untuk menjelaskan mata pelajaran yang membutuhkan informasi keruangan. Atlas ini dibuat sederhana dan tidak terlalu komplek, untuk keperluan pendidikan di sekolah.
2.3)       Atlas Tematik , adalah atlas yang berisi lembaran-lembaran peta tertentu, misalnya atlas sejarah, atlas pariwisata , dan lainnya.
c.    Syarat-syarat Atlas
Adapun atlas dapat dikatakan baik , apabila memenuhi beberapa persyaratan antara lain:
1)   Judul Atlas
Judul atlas dapat dilihat pada sampul atlas, judul dapat menunjukkan peta-peta. Apa saja yang ada di dalam atlas tersebut. Misal atlas dunia berarti atlas tersebut berisi peta-peta negara di dunia.
2)   Daftar Isi
Daftar isi memuat judul peta dan halamannya. Oleh karena itu apabila kalian akan menggunakan atlas dapat dimulai dengan melihat daftar isi, sehingga kalian dapat mengetahui peta apa saja yang ada di dalam atlas tersebut.
3)   Legenda .
Legenda pada atlas berisikan keterangan simbol – simbol pada peta. Untuk peta  tematik legendanya tercantum pada lembar peta yang bersagkutan.
4)   Tahun penerbitan.
Tahun penerbitan dicantumkan agar dapat diketahui apakah atalas tersebut masih relevan untuk digunakan.
5)   Indeks Peta.
Yaitu cara koordinat dan cara kolom dan baris dalam peta. Indeks berguna untuk mempercepat menemukan objek – objek pada peta.
Contoh : Kota P . 15. A2  artinya kota P terletak di halaman 15, kolom antar garis bujur A,  dan baris antar garis lintang 2. tetapi ada model Indeks dengan system koordinat yang lain. Seperti , Medan  25  3* U   dan 98 T. artinya kota medan ada di halaman  25 terletak pada garis lintang utara 3 dan garis bujur timur 98 .
3.     Globe
a.    Pengertian Globe
Kalian pernah melihat bulan purnama pada malam hari, apa yang kalian saksikan? Ya tampak bulat bercahaya akibat pemantulan cahaya dari sinar matahari. Begitu pula bumi kita kalau kita liat dari luar angkasa. Jadi apa bentuk bumi kita ? bentuk bumi adalah bulat. Tiruan bola bumi disebut globe. Globe dibuat miring , dengan kemiringan sumbu bumi terhadap bidang datar sebesar 66 ½  . ini dibuat menyerupai aslinya.
Pada globe dibuat garis-garis koordinat yang terdiri atas garis lintang dan garis bujur yang saling berpotongan tegak  lurus. Garis bujur dan garis lintang merupakan garis khayal, artinya garis ini sebenarnya tidak kita jumpai di muka bumi. garis ini dibuat untuk mempermudah kita mencari lokasi objek muka bumi.  Garis bujur adalah  garis yang dibuat membujur dadi kutub utara ke  kutub selatan  yang panjangnya sama. Garis bujur disebut juga garis meridian. Jumlah garis bujur utama adalah 24 masing masing berjarak 15. besar derajat bujur adalah 000  sampai 18000 bujur timur dan 000  sampai 18000  bujur barat. Garis 000 melewati kota Greenwich ( Inggris ) dan kota-kota lain yang segaris.
Sedangkan garis Lintang (paralel) adalah garis yang melintang dari barat ke timur membagi menjadi bagian utara dan selatan. Antar garis lintang posisinya sejajar. Garis lintang 00 atau disebut garis katulistiwa atau ekuator ( lini ), membagi bumi menjadi dua garis lintang utama di bumi antara lain garis  lintang 00,  garis lintang 23½0  yang disebut garis balik ,  garis lintang  66½0   disebut garis lingkar kutub ,  dan garis lintang  900  disebut kutub .
b.    Informasi Geografi dari Globe
1)   Mengetahui letak astronomi suatu tempat. Dengan adanya garis lintang dan garis bujur pada globe kita dapat meneantukan letak astronomis suatu tempat, dan kita dapat menentukan waktu serta iklim suatu tempat.
2)   Dapat digunakan untuk media pembelajaran seperti mempelajari rotasi bumi  serta pelajari terjadinya siang dan malam dan sebagainya.
3)   Dapat digunakan navigasi, arah ordinat dan lainnya.

B.    Membuat Sketsa dan Peta Objek Geografi
1.    Pengertian Sketsa
Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari sebenarnya kita sering berhubungan dengan istilah sketsa. Misalnya membuat sketsa wajah seseorang. Apa yang digambarkan hanya kenampakan-kenampakan yang menonjol seperti hidung mancung, alis tebal dan lainnya. Begitu pula pada pembuatan sketsa wilayah , yang kita gambar hanya kemampakan penting saja.
Pernahkah kalian bertemu seseorang yang bertanya alamat? kalian akan memberikan arahan untuk menuju alamat tersebut dengan menyebutkan objek-objek pilihan seperti pertigaan, jembatan, terus masjid dan lainnya. Kalian tidak menyebutkan seluruh objek yang ada. Apabila gambaran yang ada dipikiran kita tadi kita gambar dikertas maka tersebut sketsa atau main map (peta mental). Masyarakat sering menyebut dengan istilah denah. Coba kalian buat denah perjalanan dari rumah ke sekolah ! apabila denah tersebut kalian berikan pada teman kalian dan teman kalian tidak tersesat, maka denah tersebut tepat sekali.
Nah sekarang kalian bisa ikuti langkah-langkah membuat sketsa sebagai berikut :
a)        Sediakan kertas gambar dan buatlah kotak ukuran 200 cm x 300 cm yang menjadi garis tepi.
b)        Tentukan arah terlebih dahulu di kertas dengan anak panah mengarah keatas dan beri huruf U  diatas anak panah.
c)        Mulailah menggambar gedung / ruangan-ruangan yang ada di sekolahmu tetapi ingat menghadap kearah mana ruangan tersebut harus sesuai dengan arah orientasi yaitu utara menghadap keatas.
d)       Beri keterangan simbol- simbol yang digunakan supaya orang lain yang  membaca peta milikmu tidak salah menggartikannya.
e)        Beri judul pada bagian atas kotak untuk menunjukkan isi gambar dan informasi yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca gambar tersebut.
f)         Gambar yang kamu buat merupakan gambar sketsa.
Sketsa merupakan cikal bakal pembuatan peta. Sketsa dapat kita katakan sebagai peta sederhana. Kalau kalian akan meneruskan agar sketsamu menjadi sebuah peta maka kamu harus mengadakan pengukuran untuk membuat skala peta, memberi legenda, dan unsure peta yang lain maka sketsamu dapat disebut peta lokasi.
Peta lokasi termasuk dalam peta tematik atau peta khusus. Peta tematik yang dapat kalian lihat disekitar kalian misalnya peta tataguna lahan. Peta ini biasanya ada ditingkat desa. Coba kalian tanyakan tataguna lahan Di desamu. Simbol yang digunakan tentunya tidak sama dengan peta secara umum, simbol yang digunakan dibuat sesuai dengan informasi yang akan disajikan. Simbol yang digunakan seperti simbol piktoral, geometri atau huruf.
Pada peta tematik apapun yang digunakan biasanya adalah peta topografi. Peta topografi dipakai untuk membuat peta dasar (kerangka peta). Dari peta dasar yang sudah kita buat kemudian kita beri informasi sesuai tema yang akan kita sampaikan. Misalnya penggunaan lahan , daerah pertanian , pemukiman tambak dan lain-lain. Contoh lainnya misalnya peta persebaran penduduk kota pekalongan. Peta kota Pekalongan yang merupakan daerah dataran rendah dan pengaruhnya terhadap persebaran penduduknya dapat kita sebut sebagai topomini.        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar